pengalaman belajar ngetik 10 jari

Salam teman-teman


Kali ini saya ingin berbagi mengenai pengalaman saya saat belajar mengetik 10 jari .Mungkin diantara teman-teman juga memiliki pengalaman yang berbeda ya saat belajar mengetik dengan 10 jari tanpa melihat keyboard. Begitu pula dengan saya. lalu mengapa belajar mengetik 10 jari tanpa melihat keyboard diperlukan ? . Jawabannya adalah unuk mempermudah pekerjaan mengetik kita agar lebih cepat selesai tapi hasilnya juga benar dan tepat.


Saat itu tahun 2016 , saya mulai belajar mengetik 10 jari . Walau sebelum itu saya sudah memiliki keinginan untuk mempelajarinya. Awalnya saya hanya menghafalkan tata letak huruf-huruf pada keyboard seperti ini



pertama kita letakkan tangan seperti posisi dibawah ini :

posisi default pada saat awal mengetik adalah 


kanan

jempol : space/spasi
telunjuk : j
jari tengah : k
jari manis : l
kelingking : (;)

kiri

jempol : space/spasi
telunjuk : f
jari tengah : d
jari manis : s
kelingking : a

jika kita mengetik lalu jeda sesaat posisi tangan tetap mengikuti posisi seperti diatas ya .


lalu untuk pengembangan dari jangkauan jarinya seperti dibawah ini


kanan

Jempol : spasi
Telunjuk : 6, 7, y, u, h, j, n dan m
Jari tengah : 8, i, k,  dan koma(,)
Jari manis : 9, o, l, dan titik (.)
Kelingking : disebelah kanan selain yang diatas.



 kiri


Jempol : spasi
Telunjuk : 5, 4, t, r, g, f, b, dan v
Jari tengah : 3, e, d dan c
Jari manis : 2, w, s dan x
Kelingking : kelingking kiri untuk semua tombol yang ada disebelah kiri selain yang diatas


setelah kita menghafal posisi huruf-huruf dan tanda baca pada keyboard , kita bisa mulai berlatih . Ada sebuah software yang cocok untuk berlatih mengetik dan cukup membantu dalam kesuksesan program mengetik 10 jari teman- teman yaitu  software typing instructor. lambat laun kecepatan mengetik saya semakin bertambah dan setelah 3 bulan berlatih dg software tersebut dibarengi juga dengan rajin mengetik chaptcha (latihan ngetik cepet + dapat tambahan income) , Alhamdulillah saya berhasil menguasai kemampuan mengetik dengan 10 jari tersebut. 

Memang untuk mencapai sebuah keberhasilan , kesabaran dan ketekunan mutlak dibutuhkan . Setelah itu tetap terus berlatih agar kecepatan mengetik kita bisa konsisten untuk seterusnya. Smoga pengalaman pribadi saya ini bisa bermanfaat khususnya untuk teman-teman yang sedang ingin belajar mengetik 10 jari.